Paket Tour Bali Komodo

Paket Tour Bali Komodo

Pulau Komodo diakui selalu sukses menarik perhatian wisatawan. Mulai dari wisatawan domestik hingga mancanegara dibuat penasaran dengan eksotisme alamnya. Pulau yang juga menjadi taman nasional ini memang selalu punya hal baru yang menjadi daya tarik. Adapun darimana Anda berasal bisa mengakses Pulau Komodo secara mudah. Misalnya saja memanfaatkan jalur penerbangan dari kota terdekat. Biasanya penerbangan menuju Pulau Komodo harus transit dulu di Bali, baik bagi Anda yang berangkat dari Indonesia bagian timur ataupun barat. Terlepas dari hal itu ada paket tour Bali Komodo yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan perjalanan liburan.

Sejarah Pulau Komodo

Sebelum mengunjungi Pulau Komodo tentu tidak ada salahnya Anda mencari tahu seputar sejarahnya. Pulau Komodo berada di sebelah selatan Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo mendapatkan namanya sudah sejak tahun 1910. Adapun pada waktu itu ada seorang berketurunan Belanda bernama Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan dari pasukan Belanda. Konon pasukan Belanda menyebutkan ada kawanan hewan bertubuh besar yang perawakannya mirip seperti naga. Letnan Steyn lalu memburu komodo dan membunuh satu ekor guna melakukan penelitian. Penelitian dilakukan di Botanical Garden yang ada di Bogor.

Hasil penelitian tersebut selanjutkan diterbitkan. Sehingga dunia mengenal adanya satwa endemic komodo. Bertepatan dengan publikasi hasil penelitian itu komodo mendapat nama latin Varanus komodoensis yang menggantikan julukan komodo naga.

Berlibur ke Pulau Komodo dari Bali

Untuk saat ini sudah disediakan beberapa pilihan penerbangan dari Bali dengan tujuan Labuan Bajo atau Bandara Pulau Komodo. Penerbangan tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 90 menit saja. Tiket penerbangan pun bisa didapat secara mudah. Hanya saja di musim liburan dianjurkan untuk memesan tiket sejak jauh-jauh hari jika tidak ingin kehabisan tiket penerbangan.

Baca Juga :

Adapun sebagai alternatif lain Anda juga bisa pergi ke Pulau Komodo lewat jalur laut dan jalur darat. Untuk jalur laut Anda bisa naik perahu motor atau kapal. Setiap hari selama kondisi cuaca memungkinkan dilayani penerbangan menggunakan kapal. Untuk penyeberangan skala besar ada pula kapal milik PT Pelni yang juga memberikan fasilitas berupa makanan selama perjalanan.

Sementara untuk jalur darat ada beberapa pilihan. Misalnya dengan mengendarai bus atau mobil travel. Jalur darat biasanya melayani rute dari Flores menuju timur dengan melewati Ruteng, Bajawa, Ende, lalu Maumere. Ada juga rute lain dengan jarak yang lebih jauh dari Flores, ke Maumere, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng, lalu Pulau Komodo.

Waktu Berlibur yang Tepat

Sebenarnya Anda bisa berkunjung kapan saja Anda mau. Baik di saat musim liburan ataupun tidak. Hanya saja di musim liburan atau high season biasanya Pulau Komodo padat pengunjung. Sehingga bisa cukup mengurangi kenyamanan waktu liburan Anda. Adapun Pulau Komodo memiliki curah hujan sangat kecil. Hal ini pula yang menjelaskan iklim di sana cenderung musim kemarau panjang dengan suhu udara tinggi. Meski demikian bukan menjadi soal karena Anda tetap bisa berliburan nyaman.

Sebagai rekomendasi, bagi Anda yang ingin melihat atraksi menarik yang dilakukan komodo dianjurkan berlibur sekitar bulan Juli sampai Agustus. Waktu itu adalah musim kawin para komodo. Sehingga Anda berkesempatan melihat komodo aktif berinteraksi dengan komodo lain, baik untuk bersaing merebutkan betina atau memikat betina. Selain berkunjung ke sarang komodo masih ada banyak tempat wisata menarik di sekitar Pulau Komodo. Misalnya saja ada pantai pink, desa Prailiu, danau Kelimutu, Pulau Kalong, dan masih banyak lagi.

Transportasi di Pulau Komodo

Sebelumnya mungkin Anda merasa khawatir dengan fasilitas di tempat wisata. Tidak perlu khawatir karena Pulau Komodo sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai yang akan memanjakan para wisatawan. Mulai dari fasilitas perahu motor yang bisa disewa, hotel, atau lainnya. Di sana juga sudah dibangun menara komunikasi yang menjamin kelancaran telekomunikasi. Sehingga selama berlibur Anda tetap bisa aktif dan online di media sosial. Itu artinya Anda bisa langsung mengunggah update story terbaru Anda selama liburan.

Kebutuhan akan transportasi jelas tidak hanya menuju Pulau Komodo dari Bali. Melainkan juga selama Anda berada di Pulau Komodo. Misalnya saja untuk berkeliling ke sekitar Pulau Komodo Anda bisa menyewa LOB atau Live on Board yang menawarkan harga relatif terjangkau. Namun, mungkin Anda akan merasa kerepotan saat harus mencari akomodasi liburan sendiri. Karenanya berlibur menggunakan paket tour Bali Komodo adalah rekomendasi terbaik.